Informasi Tempat Wisata

Keindahan Alam Indonesia

Tempat Wisata Alam dan Budaya di Banjarnegara

Salam sejahtera,

Tempat wisata di banjarnegara jawa  tengah sangat mengagumkan dengan panorama alam yang indah bisa membuat sobat betah untuk berlama-lama disana. selain alamnya yang indah di kabupaten banjarnegara ini pun mempunyai wisata budaya dari peninggalan masa kerajaan hindu budha tertanam kokoh menjadi bukti kejayaan nya di masa silam. Penasaran kan apa saya yang menjadi tempat wisata seru di kab. banjarnegara sebagai tempat mengisi liburan anda. disini kita kupas dan di informasikan tiket masuk tempat wisata dan sebagian fasilitas yang di sediakan di lokasi agar sobat bisa prepare atau persiapan yang baik untuk berlibur.

  • Pesona Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara
Sobat yang sangat menyukai explore keindahan alam disini tempatnya yang sangat cocok untuk menikmati megahnya pegunungan dan gunung vulkanik di dataran tinggi dieng yang membuat sobat bisa menikmati sejuknya udara sambil menikmati keindahan alam di kawasan wisata dieng banjarnegara. Dataran tinggi dieng terbagi menjadi dua kabupaten, yaitu dieng kulon masuk wilayah Kecamatan Batur Kab. Banjarnegara dan dataran tingi dieng wetan masuk wilayah kec. kejajar Kab. Wonosobo jawa tengah.

Jalan masuk menuju dataran tinggi dieng sangat mudah dan akses yang baik. untuk wisatawan dari jakarta, bandung dan wilayah barat dari dieng bisa masuk melaluai jalur pantura dan masuk ke kab. pekalongan, atau bisa juga dari arah jalur selatan masuk melalui kabupaten banjarnegara. dan untuk wisatawan dari arah timur seperti semarang, jogja, solo dan sekitarnya bisa masuk melalui kabupaten wonosobo. berikut jalur menuju dieng :

1. Jakarta => Jalur pantura => Kab. Pekalongan => Dataran tinggi dieng ( 415 km +/- 8 jam )
2. Bandung => Cipularang => Jalur pantura = > Kab. Pekalongan => Dataran Tinggi Dieng ( 415 km +/- 8 jam )
3. Bandung => Jalur Selatan => Kab. Banjarnegara => Dataran tinggi dieng ( 360 km +/- 10 jam )
4. Jogja => Magelang => Temanggung => Wonosobo => Dataran tinggi dieng ( 114 km +/- 4 jam )
5. Solo => Salatiga => Ambarawa => Temanggung => Wonosobo => Dataran tinggi dieng ( 157 km +/- 5 jam )
6. Semarang => Secang => Temanggung => Wonosobo => Dataran tinggi dieng ( 101 km +/- 3.30 jam )

Didataran tinggi dieng sudah menjadi objek wisata yang sangat ramai di kunjungi setiap harinya dan dinas parawisata dan kebudayaan setempat pun sudah mengelola tata ruang tempat wisata yang aman dan nyaman serta fasilitas memadai untuk para wisatawan. selain itu di dataran tinggi dieng ini banyak sekali penginapan, home stay ataupun hotel dengan harga yang relatip terjangkau untuk para wisatawan yang memilih menginap dan menikmati keindahan dieng di malam hari. Harga tiket masuk kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng 2017 Rp. 10000/ orang.

Okeh sobat kita mulai explorer  dataran tinggi dieng dari arah barat melalui kab. pekalongan dan kab. banjarnegara :

1. Wisata Alam Kawah Timbang Dieng


Kawah timbang salah satu kawah yang indah di dataran tingi dieng yang berlokasi di desa sumberejo Kec. Batur Kab. Banjarnegara Jawa tengah. keindahan jurang kawah yang hijau dengan asap yang mendampar sangat layak untuk dinikmati dan berfoto-foto disini. perlu di ingat dibalik kawah yang hijau dan sejuk terdapat bahaya yang serius di kawah timbang ini, karena kawah timbang merupakan kawah yang mengeluarkan gas beracun CO2. gas Co2 ini apabila berkonsentrasi tinggi dapat membahayan semua kehidupan di sekitarnya. di tahun 1979 dan 2011 kawa timbang ini mengeluarkan gas yang berkonsentrasi tingi sanpai 1000 ppm dan menimbulkan korban jiwa dan evakuasi warga sekitar sampai radius 1 kilo meter dari pusat kawah.

2. Wisata Alam Sumur Jalatunda Dieng


Sumur Jalatunda terletak di sebelah utara jalan pekasiran Kec. Batur  Kab. Banjarnegara. Sumur besar ini mempunyai mitos atau cerita rakyat di dieng yang sangat melekat dan menjadi sebuah kepercayaan. Sumur yang mempunyai panorama yang indah ini mempunyai asal muasal dari kisah seorang putri yang cantik yaitu Nyai Roro Jongrang yang akan dipersunting oleh pangeran Bandung bondowoso menurut cerita rakyat. dikarenakan Roro jongrang tidak mau di persunting oleh Pangeran Bandung bondowoso, putri yang cantik ini pun memberikan syarat, yaitu membuat sumur. dengan kesaktiannya sumur pun selesai dan langsung di perlihatkan kepada nyi Roro jongrang. karena memang tidak mau di persunting syarat kedua pun muncul yaitu sang putri meminta kepada pangeran untuk mengecek kedalaman sumur yang sudah indah tersebut. akhirnya sang pangeran pun menuruti dan langsung turun kesumur tersebut. takadnya tidak mau di persunting niat jahat pun terus keluar dari sang putricantik dengan memerintahkan patih gupolo untuk menimbung pangeran bandung bondowoso dengan bebatuan di dasar sumur. dari cerita rakyat tersebut di yakini bahwa sumur  jalatunda sering meminta tumbal.

Harga tiket masuk ketempat wisata sumur jalatunda sangat terjangkau hanya Rp. 5000/orang dan akses jalan menuju ke sumur jalatunda sangat mudah. sumur jalatunda berada di sebelah timur kawah timbang yang berjarak 2 km saja. bisa di tempuh dengan jalan kaki +/- 30 menit atau menggunakan kendaraan roda 4 dan sepeda motor dengan jarak tempuh +/- 7 menit.

3. Wisata Alam Kawah Candradimuka Dieng


Kawah candradimuka merupakan salah satu kawah yang menjadi tempat tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara di dataran tinggi dieng. kawah ini berada di sebelah utara jalan pekasiran Desa Batur  Kab. Banjarnegara. Dari Sumur Jatulanda hanya berjarak 1.8 km ke arah utara atau hanya 7 menit menggunakan kendaraan. jalan menuju kawah candra di muka sangt indah dan mudah karena bisa dengan kendaan roda 4. harga tiket kawah candradimuka +/- Rp. 5000, sangat terjamhkau di semua kalangan yang ingin menikmani wisata alam kawah candradimuka.

Keindahan Kawah Candradimuka ternyata menyimpah cerita rakyat yang sangat fenomenal di dataran tinggi dieng ini. kenapa begitu? karena kesatria yang sangat sakti dari pringgondani dilatih disini oleh para dewa menurut cerita. kesatria yang mempunyai urat kawat tulang wesi ini pasti sobat sudah hafal yaitu raden "Gatotkaca". Unik sekali ya berwisata menikmati keindahan alam dan mengenal budaya dari cerita rakyat yang menakjubkan.

4. Wisata Alam Kawah Sileri Dieng


Kawah sileri merupakan kawah paling ramai di kunjungi wisatawan lokal dan manca negara, karena kawah sileri ini merupakan kawah yang paling dekat dengan tempat wisata utama dataran tinggi dieng yaitu komplek candi arjuna dan wisata alam lainnya. Kawah sileri terletak di desa pekasiran kec. Batur Kab. Banjarnegara. jarak dari candi arjuna menuju ke kawah sileri 3.5 km atau 13 menit apabila menggunakan kendaraan. apabila dari kawah candradimuka hanya 5 km +/- 15 menit menggunakan kendaraan. tempat parkir yang luas dan fasilitas yang memadai membuat para wisatawan ramai menikmati keindahan kawah sileri ini. Apalagi dengan harga tiket masuk kawah sileri hanya Rp. 5000, " nikmati keindahan kawah sileri yang sangat mempesona dan punya budaya..

Asal muasal nama kawah sileri menurut cerita rakyat berasal dari warna lahar yang menyerupai air leri atau air bekas mencuci beras. mengupas sedikit cerita rakyat kawah sileri adalah tentang seorang nenek sihir yang lebih senang dengan suasana yang hening dan senyap karena dia sedang bertapa. tetapi suasana di sekelilingnya tetap saja ramai gemuruh dan berisik sehingga si nenek sihir pun mau membinasakan semua yang menganggu nya bertapa dengan lahar yang berasal dari air leri (air beras) yang di sihir dengan tongkat saktinya. Nenek sihir pun mendaki gunung dengan menbawa gentong yang berisikan air leri menuju puncak gunung. sebelum sampai kepuncak gunung nenek sihir terpeleset dan jatuh mengakibatkan gentong itu pecah  dan air leri pun berhamburan. itu hanya sepenggal kisah cerita rakyat tentah sejarah kawah sileri yang ber air putih seperti air sisa cucian beras.

Kawah sileri merupakan kawah aktif yang ada di dataran tinggi dieng dan mempunyai sejarah letusan di masa silam. Sejak tahun 1943 kawah sileri ini terpantau aktif dan di Bulan desember tahun 1944 117 orang meningal dunia akibat letusan kawah sileri ini. tahun 1956,1964,2003,2009 hingga sekarang masih memperlihatkan aktifitasnya. tapi tenang sob ada tim ksusus yang terus memantau aktivitas kawah sileri ini agar wisatawan tetep bisa berlibur menikmati keindahan kawah sileri dari dekat. meskipun sesekali di tutup karena ada semburan lahar dingin di bulan juli 2017 silam.

5. Wisata Alam Telaga Merdada Dieng


Telaga Merdada adalah danau penampung air hujan yang tidak mempunyai mata air sendiri, walaupun demikian telaga merdada ini merupakan danau terluas di dataran tinggi dieng dengan luas kurang lebih 25 hektar. telaga merdada terletak di desa Karangtengah Kec. Batur Kab. Banjarnegara. Tiket masuk telaga merdada juga sangat terjangkau hanya Rp. +/- Rp 5000/orang. tempat wisata telaga merdada ini menyediakan peraru motor untuk berkeliling menikmati keindaha dari telaga merdada. Banyak juga warga setempat dan wisatawan memancing ikan disini dan menikmati strike mancing liar di telaga yang luas ini. Saat musim kemarau panjang telaga merdada ini sering memperlihatkan dasar telaga yag penuh dengan lumpur dan pasir.

Telaga merdada juga mempunyai cerita rakyat dari kisah pewayangan yang menceritakan kisah Dewi  Anjani yang memiliki pusaka kedewataan "cumpumanik Astagina". nah dari cumpumanik inilah asal muasal telaga merdada ada , menurut cerita rakyat dan tungu kisah selengkapnya. danau yang indah ini mempunyai panorama yang indah untuk berfoto selfie atau pun praweeding dengan background telaga yang indah ini.

6. Wisata Budaya Museum Kailasa Dieng


Meseum kailasa merupakan tempat edukasi budaya dan sejarah tentang kehidupan masyarakat dieng di masa silam. museum ini tedapat dua bangunan yang di buat di atas tanah seluas 560 meter persegi. bangunan pertama di fungsikan unuk menampung sisa bagian dari candi-candi di komplek percandian di dataran tingi dieng yang belum di temukan letak dan posisinya. Dibangunan ini juga wisatawan bisa melihat bukti-bukti sejarah yang lainnya seperti makara, mala, arca, tudung candi atau kamuncak, yoning dan lingga, tungku tempat sajen, nandi sebagai kendaraan dewa syiwa bersama dewi durga yang berkepala sapi dan berbadan singa, maha kala, batu penutup, kinara kinari, siva trisirah atau patung dewa syiwa bermuka tiga.

Untuk bangunan kedua wisatawan bisa mempelajari dan mengenal budaya dari masyarakat dieng, disana kita bisa tahu jenis bahan batu pembuatan candi dan pernak pernik yang di buat di masa lalu. museum ini sudah di buat di tahun 1984 dan setelah di perbaharui kontruksi gedung mulai di resmikan tanggal 28 Juli 2008 oleh menteri kebudayaan dan parawisata. harga tiket museum kailasa kawasan dataran tinggi dieng Rp. 5000, sangat terjangkau dan murang untuk wisata alam dan budaya penug dengan sejarah bangsa. meseum kailasa ini menjadi tempat wisata utama di dataran dingi dieng termasuk komplek candi yang ada disana, jarak museum kailasa dengan komplek candi arjuna cukup 6 menit dengan berjalan kaki kurang lebih 460 m. selain mengenal budaya dieng yang dilengkapi fasilitas yang bagus dan udara yang seju tiket nya pun sangat terjangkau.

7. Wisata Alam dan Budaya Komplek Percandian Dieng

komplek percandian syiwa yang terletak di dataran tinggi dieng Kecamatan Batur. Kabupaten Banjarnegara mempunyai 4 kelompok. menurut sejarah candi-candi yang ada di dataran tinggi dieg dibangu pada abad 7 sampai awal abad 9, dan di temukan sekitar tahun 1814 oleh tentara inggris yang berwisata ke dieng. luas total percandian dieng mencapai 1800 meter x 800 meter yang memanjang dari utara ke selatan. candi yang ada di dieng merupakan tokoh tokoh kitab mahabrata yang berdiri kokoh di atas batu. ayo kita ulas perkelompok.

a. Wisata Budaya Komplek Candi Arjuna Dieng

Komplek Canndi Arjuna merupakan komplek candi yang paling luas dan berada di tengah dengan tata letak memanjang dari utara ke selatan. di koplek candi arjuna terdapat 5 candi yang berjajar , dari sebelah selatan pertama ada Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Sembrada, Candi Puntadewata. nah yang terakhir candi semar yang berada persis di depan candi arjuna. tiket masuk ke komplek candi arjuna Rp. 15.000/orang.

b. Wisata Budaya Komplek Candi Gatotkaca Dieng

Komplek candi gatutkaca mempunyai 5 candi kecil yang merupakan tokon pandawa lima dan tokoh panakawan di kitab mahabrata. berikut nama candi yang ada di komplek candi gatutkaca adalah Candi gatutkaca, Candi sadewa, Candi nakula, Candi setyaki, Candi gareng dan petruk dan gareng. dari kelima candi hanya candi gatutkaca yang masih berdiri kokoh dan bisa terlihat jelas, untuk yang lainnya masih perlu penataan dan penyesuaian karena sudah rata dan ambruk.

c. Wisata Budaya Komplek Candi Dwarawati Dieng

Komplek Candi Dwarawati berada tidak jauh dari candi gatutkaca dan mempunyai empat candi yang berjajar. yang masih lengkap dan berdiri tegak hanya candi Dwarawati saja, tetapi untuk candi pandu, candi abiyasa dan candi margasari bernasib sama harus ditataulang dan di rapihkan karena sudah ambruk. Candi Dwarawati lebih banya ukiran di pintu depan.

d. Wisata Budaya Candi Bima Dieng

Candi bima berdiri sendiri tegak dan besar seperti karakternya di kitab mahabrata yang mempunyai badan besar dan kuat. candi ini bendiri kokoh di atas bukit dengan ukiran wajah tokoh bima di tengah candi.

8. Wisata Alam Kawah Sikidang Dieng


Kawah sikidang merupakan kawah aktif yang berasal dari letusan gunung prahutua yang pernah meletus di masa lampau. nama cikidang berasal dari nama hewan kijang yang biasanya berlari dan berpindah-pindah. begitu juga dengan kawah sikidang mempunyai keunikan dengan kawah yang sering berpindah-pindah atau berubah tempat. lokasi kawah sikidang masih berdekatang dengan komplek candi arjuna dan candi bima berjarak sekitar 2 km atau 27 menit dengan berjalan kaki. tiket masuk kawah cikidang Rp. 7.500/orang. kawah cikidang merupakan kawah terdekat dari penginapan home stay dan yang lainnya.

Kawah sikidang ini pun punya sejarah budaya dari cerita rakyat yang menceritakan tentang pangerang kidang garungan yang mempunyai harta melimpah dan shinta dewi si gadis cantik yang membuat geger seluruh pemuda pada saat itu. pada saat itu pangerang kidang garungan ingin mempersunting gadis cantik yang bernama shinta dewi itu dengan iming-iming mas kawing dengan jumlah yang besar. shinta dewi pun menerima lamaran pangerang kidang karena gadis cantik itu berpikir seorang pangeran yang banyak harta pasti gagah dan rupawan. setelah pangeran kidang menemui shinta dewi untuk memastikan kelanjutan lamarannya, dan ternyata gadis cantik itu pun terkejut melihat wajah dari pangeran kidang. ternyata pangeran kidang mempunyai keunikan dengan postur badan manusia dan berkepala kijang seperti namanya sendiri. dikarenakan gadis cantik sudah menerima lamarannya, diapun memikirkan siasat agar pernikahannya tidak jadi karena pangerang berkepala aneh. shinta dewi pun memberi syarat kepada pangeran kidang untuk membuat sumu air untuk mencukupi kebutuhan air di daerahnya. pangeran kidang menyanggupi permintaan si gadis cantik itu, setelah sumur sudah dalam shinta dewi pun mencari siasat jahat dan mengubur pangeran kidang yang masih berada di dasar sumur. akibat dari kemarahan pangerang kidang sumurpun menjadi panas dan mempunyai bau yang tak sedap. dan disebutlah kawah sikidang, seru juga cerita rakyanya.

Panas kawah sikidang bisa mencapi 90 derajat dan di anjurkan untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawah sikidang untuk mengunakan masker, karena bau dari blerang yang keluar dari kawah sikidang sangat pekat dan menyengat yang bisa membuat para wisatawan tidak betah berlama-lama disini.

9. Wisata Alam Bukit Pangonan dan Lembah Semurup Dieng

Bukit pangionan berada di ketinggian 2232mdpl yang mempunyai panorama yang sangat indah. dengan kases jalan yang tidak terlalu terjal dan menanjak menuju puncak bukit ini sangat mudah biarpun bagi pendaki baru. dari meseum kailasa hanya membutuhkan waktu 50 menit dengan melewati hutan savana yang mendampar indan dan dilanjutkan pepohon yang rindang nan sejuk. harga tiket padang savana atau bukit pangonan hanya Rp. 10.000 / orang.

Tempat wisata alam dan budaya dataran tinggi dieng masih banyak untuk di jelajahi keindahan alamnya, seperti telaga warna, telaga pengilon, telaga cebong, telaga menjer dan yang lainnya. tempat wisata alam ini sudah memasuk kekawasan wisata alam dan budaya kabupaten wonosobo yang akan kita ulas lebih lanjut yang mungkin bisa bermanfaat buat sobat semua. selamat berlibur di dataran tinggi dieng dan selamat menikmati keindahannya.


  • Pesona Air Terjun Curug Pitu Banjarnegara
Curug pitu berlokasi di desa kemiri kecamatan sigaluh kabupaten banjarnegara mempunyai tujuh air terjun yang indah untuk tempat berlibur bersama keluarga. akses jalan menuju ke curug sangat mudah dan aman karena jalan menuju lokasi tidak terlalu nanjak dan licin. membawa anak kecil pun bisa sangat nyaman untuk menjelajahi keindahan curug satu dan dua di curug tujuh ini. tetep waspada dan jaga keselamatan agar berlibur bersama keluarga dan menikmati pesona curug tujuh menjadi nyaman. perjalanan dari tugu banjarnegara menuju ke curug tujuh +/- 19 menit mengunakan mini bus sampai ke tempat parkir yang berjarak 9.3 km. harga tiket masuk curug tujuh tahun 2017 sangat terjangkau hanya cukup membayar Rp. 10.000/ orang sampai Rp. 15.000 / orang.


  • Pesona Air terjun Curug Pundung Sewu Banjarnegara


Curug pundung sewu berada di desa petir kecamatan purwa negara kabupaten banjarnegara mempunyai panorama alam yang mempesona. air yang jernih dengan bebatuat vulkanik yang masih alami membuat para pengunjung betah berada di curug sewu ini.banyak sekali wisatawan unuk berfoto, bersantai dengan suasala alam yang sejuk, sampai berenang dan loncat dari dari tebing ke air terjun pundung sewu ini. Fasilitas tempat parkir dan kamar mandi bilas ada di sediakan oleh dinas parawisata da warga sekitar. menuju ke curug sewu perjalanan bisa mengunakan roda empat sekitar +/- 1 jam atau 23 km dari tugu banjar negara arah barat daya. Harga tiket curug pundung sewu 2017 sekitar Rp. 5000/ orang sampai 10.000/ orang merupakan harga yang sangat terjangkau untuk menikmati keindahan curug sewu.


  • Pesona Air Terjun Curug Sikopel Banjarnegara

Curug sikopel berada di timur laut tugu banjarnegara. tepatnya di desa Babadab kecamatan pegentan kabupaten Banjarnegara. jarak dari tugu banjarnegara sekitar 29 km atau perjalanam 1 jam 16 menit dengan roda empat. tidak jauhkan? untuk akses kesana sangatlah mudah, karena roda empat bisa sampai ketempat parkiran yang lokasinya sangat dekat dengan curug sikopel ini. Tinggi air terjung yang menjulang sampai +/- 70 meter bisa membuat wisatawan kagum dengan panorama ini. Harga tiket ke curug sikopel yang sangat murah dan terjangkau bisa di jadikan rekomendasi untuk berlibur menikmati keindahan alam yang sangat indah. untuk harga tiket curug sikopel 2017 sekitar Rp. 3000/orang sampai Rp. 5000/ orang.


  • Pesona Air Terjun Curug Genting Dan Curug Mrawu Banjarnegara

Curug genting dan Curug mrawu berada di desa Grogol kecamatan Pejawaran kabupaten Banjarnera. sebenarnya kedua curug ini tidak berdampingat tetapi jarang yang hanya ratusan meter dan bisa di tempuh dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan di sekitar curug genting.  perjalana menuju curug genting dan mrawu ini sekitar 1 jam 30 menit dengan jarak 38.8 km dari tugu banjarnegara ke arah utara. pemanangn curuk genting sangat indah dengan tingi curuk mencapai 70 meter dan curug mrawu yang masih alami dan belum banyak terjamah orang mempunyai ketingin sampai 50 meter. Harga tiket curug genting dan curug mrawu Rp. 3000/ orang sampai Rp. 7000/ orang. akses jalan menuju curug genting tidak terlalu menguras tenaga dan sangat mudah, karena jalan yang tidak terlalu curam, terjal dengan di suguhi pemandangan yang sangat eksotis membuat wisatawan lupa dengan lelah..

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu untuk berwisata di daerah kabupaten banjarnegara. untuk informasi tiket masuh bisa beruban sewaktu-waktu dan tidak bisa dibuat patokan yang valid, yang pasti nya bisa terjangkau dan murah untuk wisata alah dan budaya di banjarnegara. jaga kelestarian alam, jangan buang sampah dan rawat bersama agar keindahan alam indonesia bisa terjaga .