Informasi Tempat Wisata

Keindahan Alam Indonesia

Alun Alun Tugu Malang - Fasilitas, Sejarah dan Alamat

Alun Alun Tugu Kota Malang merupakan tempat bersejarah dan menjadi tempat wisata taman kota yang sangat asri yang cocok untuk refresing dan bersantay bersama keluarga serta sahabat. Ikon kota malang ini sangat strategis mempunyai akses jalan mudah dan fasilitas yang sangat lengkap bagi anda yang akan wisata ke tepat ini, informasi lengkap alun - alun tugu malang mulai dari fasilitas, sejarah singkat, alamat dan tips perjalanan ada disini, baca terus ya.

Fasilitas alun alun tugu malang sangat lengkap untuk mencukupi kebutuhan liburan anda, seperti tempat wisata kuliner yang tersebar di area luar tugu malang dengan menuyang beranekaragam. mulai dari makanan khas kota malang sampai jajanan tradional. untuk makanan siap saji pun tersedia disini. Alun laun tugu malang terdapat di tengah pusat kantor pemerintahan kota malang. perkantoran perbangkan. selain itu sangat dekat sekali hotel dan penginapan sekitar 100 sampai 150 metr dari tugu malang. ada pun fasilitas kuliner lainnya seperti cafe dan pusat pembelanjaan. untuk sarana olah raga terdapat lapang olahraga rampal dan dtadion gajayana.

Baca juga : Pesona pantai sendiki malang - Tiket masuk , fasilitas dan rute

Sejarah singkat alun alun tugu malang pertama di bangun tanpa tugu oleh pemerintah hindia belanda hanya taman terbuka di halaman gedung pemerintahan hindia belanda. Di tahun 17 Agustus 1946 masyarakat malang mendesak untuk merubah pemerintahan hindia belanda menjadi pemerintahan lokal dengan tanda peletakan batu pertama dan dibangun monumen tugu yang di tandatangani oleh IR. Soekarno dan A.G. Suroto.  Tahun 1948 era agresi militer belanda I tugu ini di hancurkan sebagai bentuk kekesalan dan penguasaan kembali perkantoran oleh pemerintah hindia belanda. Setelah melalui perjuangan yang sangat gigih dari arek arek malam perkantoran ini pun bisa di kuasai kembali, dan pada tahun 1953 monu men tugu di bangun kembali dan di resmikan oleh Ir. Soekarno sebagai presiden pertama pada masa itu.

Baca juga : Harga tiket dan fasilitas hawai waterpark malang 2018

Monumen Tugu yang berada di tengah melambangkan pusat untuk kelima penjuru arah, dimana arah yang lebih diutamakan adalah yang menuju Gedung Balaikota. Sedangkan keempat arah lainnya mewakili jalan raya yang berada di luar lingkaran taman ini. Bentuk monumen Tugu juga memiliki arti tersendiri. Puncak monumen Tugu berbentuk bambu tajam yang berarti bahwa senjata inilah yang pertama kali digunakan bangsa Indonesia untuk melawan penjajah. Ada juga rantai yang menggambarkan kesatuan rakyat Indonesia yang menyatu dan tidak dapat dipisahkan.
Puncak Tugu. Makna lainnya juga terletak pada tangga yang berbentuk 4 dan 5 sudut, bintang yang mempunyai 8 tingkat dan 17 pondasi. Jika digabungkan maka hal ini melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Sementara itu, bunga teratai berwarna putih dan merah yang berada di kolam sekeliling Tugu melambangkan keberanian dan kesucian seperti bendera negara kita.

Baca juga : Tempat wisata batu secret zoo dan predator fun park untuk wisata keluarga 2018

Alamat alun alun tugu malang ber lokasi di Jalan Tugu Kidu Dalem Klojen Kota Malang Jawa timu dengan kode pos 65111.Bagi anda yang berkunjung ke kota malang wajib mengunjungi alun alun tugu malang dan mmonumen tugu malang. dan akses menuju kesana yang termudah menggunakan transportasi kereta api dan turun di stasiun malang. Jarah stasiun malang ke monument tugu malang sekitar 300 meter atau 4 menit dengan berjalan kaki. semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Info wisata lainnya :