Informasi Tempat Wisata

Keindahan Alam Indonesia

Taman Balekambang Solo - Pesona Keindahan Taman Kota Surakarta

Taman Balekambang Solo merupakan taman rekreasi, edukasi, Botaniu, Budaya dan seni untuk warga surakarta dan sekitarnya. Taman ini sangat asri dan banyak sekali wahana permainan yang bisa di nikmati oleh pengunjung. Bagi anda yang mempunyai anak balita yang dalam masa aktif dan serba pengen tahu, disini sangat cocok untuk pengenalan flora dan fauna. Taman balekambang merupakan tempat wisata terdekat, termurah dan nyaman untuk kumpul keluarga. Ditempat ini kita bisa berinteraksi langsung dengan rusa, angsa, bebek dan monyet yang berkeliaran bebas di taman balekambang
Harga tiket wahana permainan di taman balekambang solo

  • Peresmian dan Festival


Peresmian taman balekambang dibuka untuk umum dan di renoovasi menjadi taman kota yang sangat bagus di tangal 21 - 25 april 2011 oleh Bp. Joko Widodo sebagai walikota solo di periode itu, dengan mengadakan acara festival  dan pameran. masyarakat sangat antusian sekali karena terdapat pameran flora dan fauna, pasar prod kreatif, pentas seni, hiburan dan edukasi cara penanaman buah dan sayuran untuk anak TK. sering di adakan acara event dan hiburan untuk menyenangkan pengunjung taman kota surakarta ini.

Baca juga : Pesona air terjun jumog karanganyar - HTM, Fasilitas dan rute

  • Alamat dan Rute

Alamat taman balekambang solo berlokasi di Jalan Balekambang no 01 Desa Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Jawa Tengah dengan kode pos 57139. Akses jalan dan rute sangat mudah dan bagus karena berlokasi di tengah kota solo dan tidak jauh dari stadion manahan solo.

  • Fasilitas dan Tataruang

Taman Balekambang solo
Fasilitas taman balekambang solo sangat nyaman dan membuat anda betah kumpul bareng keluarga disini, karena tempat yang sangat asri dan tataruang yang rapi. Berikut fasilitas di taman balekambang solo yang bisa di jadikan sarana refresing dan bersantai, Open stage, Gedung Ketropak, Partinah Bosh, Partini tuin, Danau Buatan, Bale apung, Kolam renang, Bale Tirtoyono, Batu Lintang, Mushola, Kolam Kodok, Batu Asmara, Stage Panggung, Jalan Batu, Toilet/MCK/WC, Lokasi outbound.


  • Sejarah Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah taman yang dibuat untuk mengambarkan kasih sayang KGPAA Mangkunegoro VII kepada putrinya yang bernama Gray Partini Husein Djayaningrat dan Gray Partinah Sukanta . Awalnya nama taman ini adalah Partin Tuin dan Partinah Bosh yang di bangun pada tanggal 26 oktober 1921, dengan konsep dan fungsi yang berbeda. Area taman Partini Tuin adalah danau buatan yang berfungsi untuk penampunyan air kotor, dan juga sering digunakan untuk rekreasi air. Area Partinah Bosch adalah hutan yang asri dengan koleksi tanaman langka sekaligus tempat untuk bersantai dan rekreasi. selain itu partinah bosch pun merupakan paru paru kota solo dan taman resapan air.

Baca juga : Harga tiket masuk tirto argo sirawak ungaran semarang

  • Harga tiket dan wahana permainan

Harga tiket masuk taman balekambang 2018 tetep GRATIS untuk umun dan banyak sekali wahana permainan dan edukasi untuk pengunjung taman balekambang kota solo ini dengan harga tiket yang sangat terjangkau oleh semua kalangan, sepert :

  • Taman reptil
    • Tiket Dewasa : Rp. 5.000 /orang
    • Tiket Anak     : Rp. 2.500 /orang
    • Fauna             : Kura - kura, Iguana, Ular, Biyawak Dll
  • Kereta Mini       : Rp. 8.000 /orang
  • Pancingan anak : Rp. 5.000 /orang
  • Istana Balon      : Rp. 10.000 /orang
  • Perahu Bebek    : Rp. 25.000 /orang
  • Kolam renang    : Rp. 15.000 /orang
  • Parkir motor      : Rp. 3.000 .-
  • Parkir Mobil      : Rp. 5.000 .-

Bagi anda yang hobi berfoto selfie, taman balekambang ini sangat cocok dan keren. Karena tempat yang bagus dengan panorama yang sangat indah menjadikan hasil jepretan yang memuaskan. Masih banyak wahana dan tempat hiburan yang bisa dinikmati disini.

  • Tips dan Saran

Sedikit tips dan saran apabila anda ber rekreasi ke taman balekambang solo agar waspada dengan makanan, handphone, dan barang bawaan anda. Di area taman ini terdapat monyet yang hidup berkeliaran bebas, dia bisa mengambil paksa apasaja yang anda bawa terutama makanan dan handphone. Pernah kejadian seorang pengunjung yang sedang asyik berfoto sefie dengan gaya yang beranekaragam, saking fokusnya dengan pose selfi se ekor monyet datang dan menjambret handphone pengunjung tadi. Handphone tersebut di bira makanan dan dibawa keatas ketinggian sambil digigit. setelah terasa handphone ini rasanya tidak enak, handphone tersebut dijatuhkan dari ketinggian dan akhirnya wasalam hehehe. Untuk hewan rusa yang tertunya sering sekali berinteraksi dengan pengunjung jangan ditaku-takutin, apalagi sampai di lempar dengan benda apasaja. mereka sudah meresa nyaman dan bisa ntu edukasi anak anda.

Baca juga : Pesona candi cetho karanganyar dan pos pendakian gunung lawu

Ingat jaga kelestarian lingkungan agar taman balekambang tetap asri dan nyaman. Jangan sesekali membuan sampah sembarangan karena taman ini dinikmati oleh masyarakat banyak dan menjadi tempat wisata favorite untuk earga solo dan sekitarnya. Semoha informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur.

Informasi wisata lainnya :